Kabar Berita dari Pilkada Cilacap

Pilkada Cilacap - Hasil Perhitungan/Perolehan Suara Resmi Sementara Quick Count Hitung Cepat Pilkada Cilacap
Pemilhan Umum Kepala Daerah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah Minggu (9/9/2012) digelar. Dua pasangan calon masing-masing Novita Wijayanti-Mohamad Muslich (nomor urut 1) dan pasangan Tatto Suwarto Pamuji-Akhmad Edi Susanto (2), akan bertarung memperebutkan suara terbanyak. Dalam Pilkada ini, Novita-Muslich diusung PDI Perjuangan dan Demokrat serta partai lainnya, sedang Tatto-Akhmad Edi disusung Golkar dan partai kecil lainnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Cilacap mengatakan, sebanyak 1.498.215 jiwa yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) diharapkan akan mengunakan hak pilihnya pada 3.066 TPS yang tersebar di 269 desa dan 15 kelurahan di 24 kecamatan.

Biaya pilkada Cilacap jika hanya dilangsungkan satu putaran sebesar Rp 16,832 miliar. Namun, jika terpaksa dilakukan dua putaran, biaya akan membengkak menjadi di atas 30 miliar. Alokasi anggaran ini sebagian digunakan untuk perhitungan suara cepat (quick count) pasca pencoblosan 9 September 2012 di aula KPU Kabupaten Cilacap.

Mekanisme perhitungan cepat ini dengan sistem pemasukan data melalui website KPU Kabupaten Cilacap dengan mengakomodasi hasil perhitungan suara di tiap TPS. Selanjutnya data ini dapat diakses melalui situs resmi KPU Kabupaten Cilacap.